WHAT'S NEW?
Loading...

Hal Yang Harus Di Lakukan Ketika Komputer Terkena Virus


Layaknya tubuh manusia, komputer juga bisa saja terkena virus dengan mudah. Virus komputer bisa masuk dengan mudah ke dalam suatu komputer terutama dari jaringan komputer dan juga pemindahan atau transfer file antar komputer apa lagi komputer tersebut tidak memiliki AntiVirus yang handal. Virus dapat mengakibatkan banyak sekali masalah pada komputer seperti, memory pada drive anda menyusut secara tiba–tiba, file banyak mengalami kerusakan/corrupt, file–file hilang/ter-hidden, ada program yang tidak dapat berjalan seperti biasanya, dan masih banyak lagi.
Sebenarnya langkah paling mudah yang dapat dilakukan jika komputer kita terkena virus adalah dengan meminta bantuan kepada pihak yang paham dengan teknologi informasi/teknisi. Tapi biasanya cara ini akan memakna biaya yang cukup mahal.Untuk itu JAKA berikan informasi yang dapat berguna jika komputer anda terkena serangan virus.
  • Temukan Virusnya.
Bisanya virus akan terdeteksi sebagai aplikasi yang tidak dikenali oleh komputer. Caranya adalah dengan membuka Task Manager lalu cari aplikasi yang mencurigakan tersebut, lalu hentikan prosesnya dengan cara menekan tombol End Task.


  • Scan Komputer Dengan AntiVirus Yang Ada
Scan komputer dengan program AntiVirus yang biasa kita gunakan. Meskipun ini mungkin tindakan yang sia-sia tapi patut untuk dicoba. Jika anda beruntung, siapa tahu AntiVirus anda dapat mendeteksi virus tersebut dan mengatasi masalah anda.
  • Lakukan Update AntiVirus Anda
Lakukan update pada AntiVirus yang anda pakai. Dengan cara ini AntiVirus anda akan menjadi lebih optimal, terutama dalam mengenali virus-virus terbaru. Sebaiknya meng-update AntiVirus selalu dilakukan tiap ada kesempatan, hal ini untuk menperkecil kemungkinan komputer anda terkena virus dikemudian hari.
  • Ganti AntiVirus
Jika virus belum terdeteksi dan semakin ganas karena AntiVirus yang anda gunakan sekarang tidak dapat bekerja? Maka Gantilah AntiVirus anda dengan AntiVirus Pro terbaik yang dapat bekerja lebih optimal dalam membasmi virus. Seperti Avast, Kaspersky, dan Norton
  • Instal Ulang
Jika semua cara diatas sudah anda lakukan namun virus masih saja tidak mau hilang, pilihan terakhir yang harus anda lakukan adalah meng-instal ulang sistem operasi komputer anda. Dengan cara ini seluruh sistem komputer kita akan bersih kembali. Jangan lupa sebelum instal ulang, back-up terlebih dahulu data-data penting anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 comments:

Post a Comment